Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DIALOG SEPUTAR SITUASI BANGSA: WAWASAN KEBANGSAAN DI VAN LITH

 DIALOG SEPUTAR SITUASI BANGSA: WAWASAN KEBANGSAAN DI VAN LITH



Hola gengss..

Balek lagi nih..

Kali ini, aku mau ngelajutin post sebelumnya.. Udah baca blom nih.. 

Baca :

BELAJAR PUBLIC SPEAKING :  SIDANG AKADEMI DI VAN LITH

Yakk..  Kali ini topiknya tentang Wawasan Kebangsaan ala Van Lith..  Mungkin sebagian orang yg ga suka tentang yg berbau-bau politik, pemerintah, dll males nih buat ngikutin kegiatan kyak gini..  Wkwkwkwk (canda lah.. )

Oke.. Wawasan Kebangsaan atau yang akrab dipanggil WK oleh para siswa/i Van Lith (baca: Vanlithsians) sama hal nya dengan SA yang memiliki beragam cerita, WK sendiri pun tak kalah memiliki cerita yang beragam pula.  (bosen ga si itu? Whehe..  Ga usah ditanya lah y)

 

Cekidott..

Apa si itu Wawasan Kebangsaan? Nhaaaa..  Bingung tho.. (atau sudah tau?), ni ku ambil pengertian Wawasan Kebangsaan dari mbah ku (mbah googling)

Dilansir dari kompasiana.com - Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang suatu bangsa mengenai diri dan ideologinya, serta cita-citanya, yang diorientasikan untuk memperkokoh dan menjaga persatuan bangsa dan ketahanan bangsa. Pentingnya wawasan kebangsaan timbul dari suatu kumpulan pikiran dimana kita sebagai bangsa Indonesia memiliki suatu cita-cita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk mewujudkan tujuan nasional. Wawasan kebangsaan ini merupakan pemersatu dan pemberi dasar keberadaan dalam diri kita sebagai bangsa Indonesia.

(nha.. Bingung ato bingung bacanya? Wakakaka..). Sudah tau tho apa itu Wawasan Kebangsaan? Nha, sekarang, apa itu Wawasan Kebangsaan ala Van Lith? (memang beda yak?.. Whehehe ngga kok..  Ngga jauh beda). Yaaa..  WK di Van Lith ini mempunyai sistem yg hampir sama dengan Sidang Akademi (SA). Jadi, Wawasan Kebangsaan adalah salah satu kegiatan dari Kurikulum Pengembangan Diri (PESPIKA) yang menjadi kegiatan mingguan vanlithsian dan bersifat wajib. Sama halnya dengan SA, waktu kegiatan ini pun di jam 15.30-17.00 wib. Hmm.. Tapi ga dihari yang bersamaan lhoo.. SA dilaksanakan tiap hari Selasa, kalo WK ini esok harinya, yakni hari Rabu. Eitss.. Kalo SA itu tiap minggu selalu, lain hal dengan WK ini..  Kenapa? Yuu.. Because, Kegiatan ini bergantian dengan kegiatan Katolisitas. Jadi gini, misal jika minggu ini WK, maka minggu depan Katolisitas, bgtu juga sebaliknya dan seterusnya.

Paham sampe sini? (kl ngga ya uda..  kl ada pertanyaan, tanya dah). Lanjott.. Nha, Tujuan dari adanya kegiatan WK di VL ini, hampir sama dengan SA pulak, yakni belajar berpublic speaking. Selain belajar berpublic speaking, tujuan dari WK ini ialah agar setiap vanlihsian belajar untuk mengetahui keadaan dari bangsa dan negaranya, serta seperti pengertian di atas yakni belajar berpola pikir dan cara pandang untuk mengenal ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, dimana hal ini tidak lain adalah untuk membantu memperkuat, memperkokoh, maupun menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. (Yoi ga?) Syapp.. Lanjott..

Oke.. Sama halnya dengan Sidang Akademi (SA), kegiatan Wawasan Kebangsaan (WK) ini pun dilakoni oleh semua angkatan. Ya, kelas X, XI, maupun XII semua diwajibin buat mengikuti kegiatan mingguan ini. Buat kelas XII masih sama dengan SA juga, yakni cuma di semester 1 doang, dan di semester 2 nya fokus buat ujian.. 

Kalo kegiatan WK ini, baik kelas X, XI, maupun XII memiliki model penyajian yang sama..  Jadi, ga ada bedanya.. Ga kayak SA yg tiap tingkatan beda pola..  Whehehe..  Bahasan nya di WK ini pun sama yakni berkutik di sosial politik atau kl ga ya tentang wawasan berbangsa dan bernegara.. Eitss..  Tapi.. Tapi.. dikelas XII yang udah aku laluin ini, ada salah satu materi yang membahas tentang profesi, mungkin buat membuka wawasan pulak tentang profesi dimasa depan.. Yoi ga?. Hmm.. Bukan di situ aja nih, kl di WK ini, ada narasumber dari luar juga..  Jadii.. Narasumber ini didatengin dari luar dan tentunya si narasumber berkaitan dengan topik yang dibahas yakk..  Contoh nii..  Kyak bahas tentang Keamanan dan Ketahanan Nasional, ya narasumbernya polisi atau TNI.. Gitu.. (mudeng?). Itulah beda WK dengan SA.. Selain ditopik yg dibahas, pendamping (narasumber) nya pun beda dan tentunya lebih menarik (mungkin si..).

O iya..  Lupa satu nih..  Whehe.. Pola di WK ini, sama seperti SA di kelas XI.. Yakk..  Dialog.. Bukan Monolog..  Jadi, satu kelas bakalan dibagi lagi menjadi beberapa kelompok, dan presentasi tentunya berkelompok pula (kesempatan lagi ga ni? wkwk). Eitss.. Kl masalah bahasa yang dipake, kegiatan ini full pake bahasa Indonesia kok.. Baik kelas X, XI, maupun XII..  Gitu.. (coba bayangin dah, SA inggris aja blm tentu paham banget, apa lagi WK yang bahas tentang sosial, politik, dll gini..  Kl dijadiin versi inggris.. Ambyarr dahh... wong versi Indonesia aja butuh ekstra tenaga yang lebih (mungkin) buat nyerna nya.. whehehe)


Oke deh..  Segini pembahasan kita seputar Wawasan Kebangsaan (WK) Van Lith...

INGAT! Jalani semua dengan tenang, sloww, dan don't worry will anything.. Jika usaha, pasti ada jalan..  Ga tau jalannya lurus apa bengkok yakk..

Baca Juga :

MEMPERDALAM IMAN KATOLIK : KATOLISITAS DI VAN LITH


“Yesus berkata tiga kali, “Jangan kuatir” (Mat 6:25, 31, 34). Paulus kemudian mengulangi, “Jangan kuatir tentang apapun” (Flp 4:6).

 Salam api Van Lith! 🔥🔥


Bertemu dengan sebutan-sebutan yang tidak diketahui? Kalo Penasaran bisa lihat di: GLOSARIUM atau masi belum ketemu juga di Glosarium itu? Tanya ae langsung.. Klik Chat warna biru di sisi kanan bawah layar sobat itu yogss

0 Comments

Contact