Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MEMPERDALAM IMAN KATOLIK: KATOLISITAS DI VAN LITH

MEMPERDALAM IMAN KATOLIK :

KATOLISITAS DI VAN LITH


Katolisitas akhir kelas 11 (2019)

Hola Sobat Do It Sekalian!

Balek lagi ni di my journey ini..

 

Kali ini, ku mau lanjutin post sebelumnya mengenai kegiatan di kurikulum PESPIKA. Sudah baca lom ttng post yang lalu? Kl belom cekidot dahh..

Baca : 

BELAJAR PUBLIC SPEAKING : SIDANG AKADEMI DI VAN LITH


Baca juga : 

DIALOG SEPUTAR SITUASI BANGSA : WAWASAN KEBANGSAAN DI VAN LITH


Okayyy.. Di post kali ini, ku mau lanjot bahas ttng Katolisitas in Van Lith. Yupp.. Katolisitas. Bagi kalian semua, pasti tau apa itu katolisitas, terutama buat anak Van Lith (baca: Vanlithsians), pasti sdh ga asing lagi denger kata itu. Belom tau? Jadi gini, Katolisitas di Van Lith adalah suatu kegiatan yang termasuk dalam kurikulum PESPIKA. Katolisitas ini dilaksanain setiap hari Rabu jam setengah 4 sampai jam 5 sore berganti-gantian dengan kegiatan Wawasan Kebangsaan (WK).

Yakk.. Katolisitas ini katanya si nama baru.. Sebelumnya kegiatan ini namanya Kristianitas. Baru semenjak angkatan 24 ato 25 (atau angkatan atasnya lagi yak? Lupa saia, whehehe) gitu namanya ganti jadi Katolisitas. Pergantian nama itu ga ada ngaruhnya si dimateri yang dipelajari, katanya lho..  Whehehe.. Kan aku lom pernah ikut waktu namanya masi Kristianitas.. Whehehehe. Nha apa si tujuannya n apa yang dipelajari emangnya? Mungkin itu yang jadi pertanyaan orang-orang diluaran sana.. Oke lanjot lanjot..

Ya.. Jadi, Katolisitas di Van Lith ini bisa dibilang ga beda jauh ama pelajaran agama (ya iyalah.. namanya aja katolisitas yakk.. Pastinya bahas seputar kekatolikan lah..  Wkwkwkwk). Oya.. Pendamping atau pengajar di kegiatan Katolisitas itu bukan dari dalam yakk.. Maksudnya itu, Pendamping atau pengajarnya itu dari luar. Biasanya Mahasiswa Pendidikan Agama Katolik tingkatan akhir dan juga didampingi satu biarawati (suster) dr luar sekolah jg. Nhah.. Yang dibahas di Katolisitas itu..yaa.. Kyak yg kubilang itu, jadi, di 1½ jam itu, membahas seputar Gereja Katolik, sperti Hierarki Gereja, Sakramen Gereja, Dokumen-dokumen gereja, dll. Mumett.. Whehehehe.. Eitsss.. Biasanya juga pendamping nya ngasi tugas lh.. Tapi, waktu aku kebanyakan pada males n lupa (jujur) buat ngerjain tugas itu. Wkwkwk. Jadi, dikerjakan saat hari H nya dongg.. Whehehe (tidak untuk ditiru).

Hmm.. Kegiatan Katolisitas ini tidak hanya diikuti oleh siswa kelas tertentu. Tapiii, sama hal nya dengan SA n WK, kegiatan ini Wajib hukumnya buat anak Van Lith, entah kelas X, XI, ataupun XII. Buat kelas XII masi sama dgn SA n WK, yakni hanya di semester 1 doang, karna di semester 2 fokus buat Ujian,dll. Nhahh.. Sperti yang pernah ku katakan di post sebelumnya juga, kalo tiap jenjang atau tingkatan, maka tantangan (bahasan) nya bakal beda. Yakk.. Materi di Katolisitas inipun tiap tingkatan nya beda (tp kadang diulang si materinya.. Wkwkwk). Hmm.. Sobat tau Dokumen-dokumen  Gereja? Kyak Gaudium et spess? Nostra Aetate? dll nya itu? Wheheheh.. Nha itu bakalan dibahas lanjut di kegiatan Katolisitas kelas XII. Yaa.. Walau di pelajaran agama kelas XI aja udah mulai bahas itu si..  Wkwkwkwk..  Nha.. Kalo ditanya seru ato ngga? Hmm.. Kl jujur si mboseni n ga seru Suwerr deh.. Whehehe. Hmm.. Tapi, semua bisa diambil pelajarannya. Semua itu udah pilihan kita sendiri tho. Aku mau sekolah di Van Lith, brrti aku harus ikuti aturan n kegiatan-kegiatan di sana, enak ato engga, seru ato engga, capek ato ngga, semua harus dilakuin n dijalani. Yoi ga?

Aku yakin n percaya juga og.. Walau yang sekolah di Van Lith itu Katolik semua, tapi pasti ada yang istilahnya itu "Katolik KTP", Wkwkwkwk. Makanya sekolah ngadain kegiatan gitu juga.. Biar sesuai n selaras gitu ama visi n misi sekolah. Whehehehehe.. Oya..  Tujuan sekolah juga adalah untuk mencapai tujuan (motto) dari Mgr. Soegijapranata, apa itu? Yaa.... 100% Katolik n 100% Indonesia. Jadi, implementasi nya sekolah itu bisa dilogika gini, untuk mendukung agar semua Vanlithsians bisa jadi seorang yang 100% Katolik, maka sekolah mengadakan kegiatan Katolisitas, sementara untuk jadi seorang yang 100% Indonesia, maka sekolah mengadakan kegiatan Wawasan Kebangsaan. Yogsss..

Jadiii, Semua itu pasti ada pelajaran nya lah..  Ga mungkin sekolah ngadain kegiatan itu cuma buat menyiksa ataupun apalah.. Karna pelajaran yang bisa diambil itu yaaa...tergantung ke orang itu sendiri. Yoi ga?

Hmm.. Jd, bisa ambil sendiri toh apa tujuan dari kegiatan Katolisitas ini? Model dr pembelajarannyapun berbeda ama SA n WK yakk.. Kl SA n WK itu lebih melatih public speaking, tapi kl Katolisitas ini lebih melatih iman kita, jd jasmani n rohani nya imbang dehh.. 😆

Eitsss.. Ga sampe situ aja..  Masih sama dengan SA n WK yakni di akhir semester ada yang namanya Katolisitas Istimewa. Hmm.. Sama dgn SA n WK, tujuannya adalah mengevaluasi pembelajaran selama setahun lalu. Setahun? Yakk.. Karna kegiatan ini bergantian ama WK Istimewa jg. Jd di akhir semester 1, itu Katolisitas Istimewa dan di akhir semester 2, itu WK Istimewa. Lumayan serulah pokoke.. 😂

Okayyy Sobat sekalian.. Ga terasa pembahasan kita seputar Katolisitas in Van Lith dah slesaii..

Itulah Sedikit cerita tentang kegiatan rutin mingguan dari PESPIKA di Van Lith ini. Sidang Akademi, Wawasan Kebangsaan, n Katolisitas. Bacalah post-postku yang lainnya jg, yang tentunya garing n ga jelas. Kalo mau baca ya tinggal baca, kalo mau komen ya tinggal komen, kalo ngga ya udah tutup aja. Sampai Jumpa di cerita selanjutnya yang tentunya tentang pengalaman di VL ini!

 

"Pelajaran akan makna hidup bisa dipetik tergantung pada diri sendiri. Karna makna hidup yang sesungguhnya  tidak bisa berasal dari orang lain. Just do it!" -fmw

Salam api Van Lith! 🔥🔥





Bertemu dengan sebutan-sebutan yang tidak diketahui? Kalo Penasaran bisa lihat di: GLOSARIUM atau masi belum ketemu juga di Glosarium itu? Tanya ae langsung.. Klik Chat warna biru di sisi kanan bawah layar sobat itu yogss


0 Comments

Contact