Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

EKSPLOR DI MASA KARANTINA: DAPET JATAH MISA PENUTUPAN AYD

EKSPLOR DI MASA KARANTINA :

DAPET JATAH MISA PENUTUPAN AYD


Gelang tanda masuk tempat misa Penutupan AYD.

Hello hello gaess..

Taukah kalian AYD?

Mungkin kl yg beragama Katolik tau apa itu AYD..  Ajang pertemuan Orang Muda Katolik se-Asia. Yakk.. Asian Youth Day (AYD). Sampe sini tau? kl blm ya dah search aja sendiri..

 orang muda katolik – OMKnet

Asian Youth Day (AYD) sebuah acara kaum muda yang diadakan setiap tiga tahun sekali, diikuti oleh kaum muda Katolik dari seluruh Asia. Acara itu mirip dengan Hari Kaum Muda Dunia (World Youth Day). Nha, buat taun 2017 itu, Indonesia mendapat bagian menjadi tuan rumah dari acara tersebut. Namun, sangat disayangkan, Paus Fransiskus ga isa dateng (whehe). Ya udah lah y.. cekidott..

Minggu, 06 Agustus 2017 merupakan hari yang sungguh sangat menyenangkan.. Whehehe.. Kenapa? Yaa.. Gimana ga seneng..  Di hari itu, masih dalam masa-masa karantina (yakk.. Karantina baru selesai tanggal 19 Agustus soalnya).. Masih Karantina tapi dengan adanya acara ini, dan puji Tuhannya ku kepilih, jadi bisa jalan-jalan keluar (baca: eksplore) dah.. hehe..  Bukan jalan jalan si sbnernya..  Tp kan buat dateng ke suatu acara (Misa si)... Wkwkwkwk..


Oke.. Lanjott..

Hari itu, aku dan 30 teman laki-laki angkatanku terpilih untuk mewakili Sma Van Lith dalam perayaan Ekaristi Penutupan Asian Youth Day (AYD) yang dilaksanain di lapangan Angkatan Udara Adi Sucipto, Yogyakarta (kl tanya sistem pemilihannya, ku jg ga tau yak.. berharap bisa ikut, ee.. Bneran bisa nyata..). Yaa.. walau ga ikut acara AYD nya si, tp gpp yang penting bisa ikut misa penutupannya (whehehe). Hari itu, aku msh inget jam 04.45 wib aku bangun dan siap-siap lanjut makan pagi. Hmm.. Kita yg kepilih ini, dibebaskan dari wajib Gereja pagi nih.. (khusus hari ini doang si..). Kala itu, kita berangkat naik bus jam 6 an.. ±1 jam an, sampailah kita kita di tempat tujuan.. Lapangan AU Adi Sucipto. Sampai disana..  Wehh..  Sungguh sangat banyak orang.. Kulit Putih, kulit sawo, maupun kulit hitam semua campur aduk disitu.. (bukan rasis yak.. 🙏). Seluruh peserta AYD dan peserta misa semua kumpul dan berlahan masuk ke tempat misa (ada gelang tanda masuknya tuh soalnya.. Jadi ketat juga si.). Misa nya ini bukan di indoor yak.. Tapi di outdoor, di tengah lapangan.. Eitss.. sebagian ada atapnya kok..  Jd, ga trlalu kepanggang matahari dah..

AYD 2017
dok.gugel

Wooww.. Peserta AYD buanyak poll..  Ada orang Korea.. Ada orang Malaysia.. Ada orang Singapura, Vietnam, dan banyak negara Asia lainnya.. n terutama banyak orang Indonesia jugak.. Antrian buat masuk area misa wehh.. Panjang amat.. ½ jam an ada tuh buat ngantri.. Waktu anti bisa liat orang luar lebih deket swerr. Sempet juga waktu itu, ada barisan orang korea di sebelah barisanku, trus mereka ngasi permen tuh..  Hmm.. Tapi, ku agak nyesel ni..  Karna permen yg dikasi ke aku, aku operin ke belakang.. Jadi, ga dapet dehh (whehe..  Gpp lah y..). Setelah berhasil masuk dengan keamanan ketat, aku dan teman, cari rombongan dan kemudian duduk sesuai arahan.

Jam 9 misa pun dimulai.. Woww..  Sungguh sangat banyak romo dan juga uskup saat itu..  Momen yang cukup berharga ni..  Jarang-jarang bisa ikut ginian.. Gratis pulak. Ku kira-kira, ada ±100 romo dan ±50 Uskup dari keuskupan-keuskupan di Indonesia.. (mantep thohh..). Misa penutupan AYD ini dipimpin oleh Kardinal dari luar indo.. Tapi..ku lupa namanya (whehehe). Misa pun dilaksanain dalam bahasa Inggris dan Indonesia (campurr). Homili saat itu diisi oleh ketua KWI, Mgr. Ignatius Suharyo. Hmm..  Homilinya cukup panjang. Kata-kata yang ku inget dari homili nya itu gini: "di dalam perbedaan dan keberagaman maka akan muncul rasa kemultikulturan." dimana ini jg sejalan dengan tema AYD waktu itu, "Joyfull Living the Gospel in Multicultural Asia." (gitu.. Paham sampe sini?).

Misa berjalan ± 2 jam.. Eitss.. Selesai misa, ga kelar begitu aje.. Kenapa? Nha.. Ini ni..  Momen spesial pulakk.. Menunggu kedatangan Wakil Presiden Indonesia, Bpk. Jussuf Kalla. ± Setengah jam, kita kita menunggu sambil berjemur terik matahari (whehehe..), yang dinanti-nantikan datang juga.. Saat itu, Bpk. Jussuf Kalla bersama Menteri Pemuda dan Olah Raga (Bpk. Imam Nahrawi), serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Bpk. Luhut B. Pandjaitan). Saat itu juga, pidato satu persatu mulai.. (sesi mendengar pidato.. Hehehe). Ini hal yang (mungkin) paling membosankan.. Wkwkwkwkwk. Selesai pidato, Wakil Presiden dan Ketua KWI, bersama sama pukul gong menandakan berakhirnya AYD. Setelah itu, kita rombongan pun menuju keluar.

Jam 1 an kita pun menuju pulang ke sekolah. ± 1 jam an lah..  Kita akhirnya sampe di asrama. Yeayy..  Akhirnya.. Hari minggu itu bisa jadi momen spesial lah..  Wakakakaka.. Di asrama, kegiatannya lanjut seperti biasanya..

Nha.. Jadii.. Gimana nih? Enak juga thoh.. Jadi anak asrama ga sesuram yang dibayangin kok.. Jadi anak asrama malahan keren bro.. Temen? Banyak.. Tiap hari se atap bareng.. Ada masalah? Diselesain bareng.. Tidur?  Ya.. Bareng jugakk.. Study? Bisa tanya-tanya..  Enak dah.. Mantapzz.. di Van Lith ini mah memang beda.. Banyak kesan pesan yang bisa diambil.. Positif atopun negatif. Tapi, harus ngejalani karantina, harus ga pegang hp, dll.. Eitss.. Itulah tantangannya.. Itu lah pelajaran yang keren.. Gaptek? Ga juga yak.. semua balek lagi ke diri sendiri.. Oke oke sobat.. 

Syappp... Itulah Sedikit cerita tentang pengalamanku mengikuti misa penutupan AYD di tahun 2017. Bagaimana menurut sobat? Kuyy.. komen ae kl mau.. Bacalah post-postku yang lainnya jg, yang tentunya garing n ga jelas. Kalo mau baca ya tinggal baca, kalo mau komen ya tinggal komen, kalo ngga ya udah tutup aja. Sampai Jumpa di cerita selanjutnya yang tentunya tentang pengalaman di VL ini!

 

Joyful Asian Youth: Living the Gospel in Multicultural Asia!  (Sukacita Kaum Muda Asia! Hidupkan Injil dalam Asia yang Beragam Budaya)

Salam api Van Lith! 🔥🔥


Bertemu dengan sebutan-sebutan yang tidak diketahui? Kalo Penasaran bisa lihat di: GLOSARIUM atau masi belum ketemu juga di Glosarium itu? Tanya ae langsung.. Klik Chat warna biru di sisi kanan bawah layar sobat itu yogss

0 Comments

Contact