Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BELAJAR PUBLIC SPEAKING: SIDANG AKADEMI DI VAN LITH

 BELAJAR PUBLIC SPEAKING :  SIDANG AKADEMI DI VAN LITH



Hola hola 

Yughtt.. Balek lagi..

Kali ini aku mau bahas nih tentang apa yg pernah aku omongin di post-post sebelumnya..

 

Kurikulum Nasional dan Kurikulum Pengembangan (PESPIKA) adalah salah satu fondasi untuk proses pembelajaran di SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan. Aplikasi dari Kurikulum Pengembangan ini antara lain Kegiatan Sidang Akademi ( SA ), Wawasan Kebangsaan ( WK ), dll

Kali ini aku bahas dulu tentang apa itu Sidang Akademi ala Van Lith..

Yoii ga?  Penasaran?? (kl ngga ya udh gpp) yokk cekidott.. 

 

Yakk Sidang Akademi atau yang akrab disebut dengan sebutan SA di Van Lith ini punya beragam cerita dan tentunya pembelajaran buat seorang anak Van Lith (baca: vanlithsian).. (wihii..  Keren ga tuh?).

dok.pribadi

Hmm..  Sebelum masuk lebih dalam, harus tau dulu ni apa itu Sidang Akademi? (jangan salah artiin dlu yak..) Sidang Akademi merupakan kegiatan rutin mingguan yang dilakukan tiap hari Selasa, buat jam nya itu jam 15.30 - 17.00 wib. Jadi, Setiap siswa dilatih buat menyiapkan materi untuk berbicara sesuai dengan tema, sekaligus mempraktekkannya di depan teman satu kelas.

Wiii..  Udah kebayang? Kl istilah nya si bisa dibilang Public Speaking.. 

Nha, permainan kata dan teknik berbicara sangat penting dalam seni menyampaikan pendapat di muka umum (Yoi ga?). Dua poin itulah yang selalu diasah di SMA Van Lith ini..

Secara bergilir kami-kami akan membuat naskah, misalnya pidato, sambutan, reporter, cerita inspiratif,dll. Nha, kemudian tampil dan mempresentasikan apa yang menjadi gagasannya. Dengan dibantu oleh moderator, time keeper, pembahas siswa, dan pendamping (guru), vanlithsians akan diasah kemampuan berpikir dan berbicaranya. Inilah maksud dan tujuan utama dengan adanya kegiatan ini. Jujur.. Sidang Akademi ini menurutku sangat membantu.. Mengapa sangat membantu? Membantunya dimana? (bingung dahh). Yaaa..  Jadi, SA ini membantu dalam proses pembelajaran berpublic speaking. Deg-deg an waktu maju presentasi? Biasa itu.. Gerogi? Malu? Takut? Semua campur aduk, mungkin, ketika pertama kali melakukan hal ini. Tapiii, perlu diingat itu awal dari proses yakk..

Oke.. Sidang Akademi ini dilakoni oleh semua angkatan. Tidak terkecuali. Kelas X, XI, maupun XII. Tapi, buat kelas XII cuma di semester 1 doang, karna semester 2 dah harus fokus buat ujian, dll. Pernah denger pepatah ini: "Makin tinggi tingkatan, maka makin tinggi pula tantangannya.." (sdh biasa denger tho?). Nha nha.. Maka dari itulah, ada perbedaan pola penyajian dari kelas X, XI, hingga XII. Hahh?? Pusing ga tuhh. Whehehe..  Tenang..  Don't worry.. Jadi gini, buat kelas X karna masih awal, pola penyajiannya pun jadi msh mudah. Untuk awal ini, penampilannya monolog (satu arah), jadi kita sendiri tampil memaparkan sesuai tema yg didapet, lalu ada pertanyaan dan dijawab sendiri.. Eitss..  Jangan salah..  Pilihan temanya pun ga rumit-rumit amat, jadi kyak tentang perkenalan diri, tokoh yg menginspirasi, dll.. Pokok e msh bisa dibilang mudah lah..  (yaa tapi kl misal msh di kelas X, ini mungkin dianggep sudah susah (mungkin pake banget), jujur dlu ku jg gitu..).

Lanjott..  Buat kelas XI.. Nha, sudah satu tingkat lebih tinggi.. Pola penyajiannya pun ditingkatkan. Saat kelas XI ini, penampilannya pun menjadi dialog (dua arah), jadi kita akan dibagi kelompok kecil dan mempresentasikannya pun berkelompok. Jadi, mungkin ada keuntungan dari berkelompok ini (tau sendiri lah). Tapiii, okelah bisa dibilang kl kelompok jd lebih gampang, but tema pun lebih sulit so pastinya.. Jangan seneng dlu tp. Nha, tema nya itu kyak debat, kothbah, Grup Discussion, dll.. (mumet neh thoo?). Aku aja mumet kui..  Untung ae kelompok..eaaa 😆.

Setahun berlalu, maka beranjaklah ke kelas XII..  Wuhuu..  Nhahh.. Kelas terakhir ini lebih nantang dan so pastinya bikin tegang..  Wkwkwkwk..  (ga ga ga.. ). Jadi, buat Sidang Akademi kelas XII itu menggunakan bahasa Inggris nohh..  Wess..  ++mumet e.. Yaa..  Jadi, buat pola penyajian dan penampilannya itu sama dengan kelas XI, tapi di kelas XII dibuat versi englishnya.. Coba bayangin, kothbah bahasa inggris, debat bahasa inggris, dll..  Mungkin kl sobat-sobat fasih banget berbahasa Inggris, ya no problem yakk..  Tapii, coba kyak aku ini.. Wess.. Basa inggris gugup..  Rak trlalu lancar..  Wuss campur campurr.. Mantep dahh..  Gimana rasanya? Hmm..  Spektakulerrr..  Maju dengan mengandalkan teks.. (udah g mikir si dpt nilai berapa, sing penting maju dan yakin.. Yoi ga? 😂). Jadiii..  Buat kalian-kalian yang mungkin calon Van Lith..  Jangan takut dahh..  Nih lhoo..  Aku aja yg ga fasih Inggris bisa lanjot terus nihh.. Masa sobat kagak. Jalani semua dengan tenang, slow (karna ku slow, sungguh slow, sangat slowww), dan don't worry will anything. Jika usaha, pasti ada jalan..  Ga tau jalannya lurus apa bengkok yakk.

Nha..  Untuk mengevaluasi kegiatan Sidang Akademi ini pun, nantinya di setiap akhir semester, akan ada yang namanya Sidang Akademi Istimewa ( SAI ).. Mantep neh tho namane.. Istimewa lho. Nih lho, jadi SAI itu kegiatan puncak di setiap semester. Setahun kan brarti dua kali tho? Nha, ada pembagian nih.. SAI semester ganjil diperuntukan bagi kelas XII dengan uji kebolehan bahasa Inggrisnya (ga semua maju kok, tenang.. tp dipilih). Sementara SAI semester genap diperuntukkan bagi kelas X dan XI dengan uji kebolehannya dalam berbahasa indonesia pastinya (dipilih jugak y).. Seru? Asik? Oh.. Itu mah ga usah ditanya lagi..  So sdh pastinya seru (pake banget), asik (pake banget),dll. Gimana? Sampe sini paham dengan apa yg dimaksud Sidang Akademi? Atau malahan bingung dengan yg aku tulisin itu?

Tenang.. Memang semua itu butuh proses.. Proses dan berproseslah..

Sampai jumpa sobat..

Baca :

DIALOG SEPUTAR SITUASI BANGSA : WAWASAN KEBANGSAAN DI VAN LITH


Baca Juga:

MEMPERDALAM IMAN KATOLIK : KATOLISITAS DI VAN LITH


"The good life is a process, not a state of being. It is a direction, not a destination."  - Carl Rogers (Psikolog dan psikoterapis dari Amerika Serikat 1902-1987)

Salam api Van Lith.. 🔥🔥


Bertemu dengan sebutan-sebutan yang tidak diketahui? Kalo Penasaran bisa lihat di: GLOSARIUM atau masi belum ketemu juga di Glosarium itu? Tanya ae langsung.. Klik Chat warna biru di sisi kanan bawah layar sobat itu yogss

0 Comments

Contact