Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

#2 - KELUAR DARI ZONA NYAMAN, MENJADI RASUL AWAN SEJATI

KELUAR DARI ZONA NYAMAN, 

MENJADI RASUL AWAN SEJATI

Part 2 / Done

 

Nih waktu misa sebelum masuk ke dunia karantina

Helo hello genggss.. 

Okayy.. Setelah bahas bahas sebelumnya, ni ku lanjutin..

Bila belum baca versi part 1 silahkan klik : 

KELUAR DARI ZONA NYAMAN, MENGAWALI YANG BARU


Jadi, selain menjalani masa Karantina selama sebulan full, yang mana banyak pelajaran yang bisa dipetik, di Van Lith ini, aku pun dibina agar menjadi seorang rasul awam yang sejati (wha.. Bingung ga tu? Rasul? Awam? Ya gitulah..). Selama disini, bisa dibilang dari segi Kristianitasnya, aku dikit-dikit berkembang (coba dah, gimana ngga, tiap hari bangun pagi pergi ke Gereja buat misa, udah kayak calon romo aja nggak tu..). Disini, bisa dibilang lagi berbeda dengan dirumah (sudah sangat sangat jelas yak). Dimana, kalo disini, diwajibkan ikut Misa harian pagi TIAP HARI (khusus kelas X (awal); sementara buat kelas XI hari Selasa, Kamis, Sabtu; dan kelas XII hari rabu, kamis (kl misa kampus doang), dan jumat), tiap malem doa malam bersama, tiap hari Sabtu malam ada Legio Mariae (semester 1) dan RPK (Remaja Pecinta Kristus)(Semester 2), Katolisitas, dan lain sebagainya. Nha, kalo dirumah... bebas dah.. Selama disini pulalah aku mengenal apa itu Legio Mariae dan RPK (dimana sebelumnya aku ga pernah mendapat, melakukan bahkan sekedar tau) (sama ga kalian? Kl kalian udah tau ngelakuin legio Mariae dan RPK, okelah.. Good itu.. 👏). Fine, lanjottt..  

Name Tag OASE 2017

Hmm.. Awal-awal ku studi di Van Lith ini, memang agak susah, sulit, bahkan muak ni.. (jgn lngsng negatip dlu a). Kenapa ku bisa bilang gitu? Yeah.. Because, Pelajaran Sekolah di sini bisa dibilang susah (mungkin cuma bagiku, kl bagi yg lain entahlah.. 😂) ditambah lagi tugas-tugas sekolah yang sangat banyak yang diberikan oleh Para pendamping (para guru) secara langsung, dan juga kegiatan-kegiatan yang sangat padat tiap harinya. Hmm..  Beginilah jadi anak asrama.. Mau bebas? Salah pilih kl ke sini..  Tp, inget yak.. Buanyak pelajaran yang bisa didapet disini dan blom tentu didapet diluaran sana. Oke, lanjot lagi.. Kenapa ku bilang padet kegiatannya tiap hari?, jadi, gini ni kegiatan yang dilakuin tiap harinya selama ku di Van Lith ini.. Hari Senin dan Jumat ada humaniora (sebutan untuk ektrakurikuler), Selasa ada sidang akademi, Rabu ada wawasan kebangsaan atau katolisitas, Minggu ada pramuka (jangan kaget bacanya..  (kl ga kaget ya udah gpp)). Mungkin sobat semua belom tau yak, apa itu Sidang Akademi? Wawasan Kebangsaan? Katolisitas? dll.. Tenang..  Dilain post ku jelasin nt.. 😄. Nha, Selama sebelum disini, aku tak pernah mendapat tugas sebanyak yang disini. Awal-awalku disini, nilai bagus buat pelajaran, bisa dibilang jarang kudapatkan. Tapi, aku tetep berusaha nih mengerjakan tugas-tugas itu dengan sebaik-baiknya, karena menurutku apabila nilai-nilai UH ku jelek bisalah dibantu dengan nilai-nilai tugas. Selain itu, kyak yg udah aku tulis di post sebelumnya, Itu sudah menjadi pilihanku secara sadar tanpa paksaan. Waktu itu, akupun sadar kalo aku belum bisa mengatur waktu ku dengan benar disini. Mungkin dalam proses pembelajaranku, aku terkendala dengan pelajaran yang susah aku mengerti atau hafal yang akhirnya membuatku tuk berhenti belajar ataupun bujukan kondisi sekitar (bermain, ngobrol, dsb..)😅. Tapi aku tetap berusaha tuk fokus dan tidak menghiraukan apa yang menjadi penghalangku, dan tidak cepat putus asa. Hmm.. Selain itu, doa juga tak lupa aku lakukan. Akhirnya, nilai-nilaikupun meningkat. 👏👏(horeeeee..)

Okay.. Kita bahas sisi di asrama lagi.. Disini, bisa ku bilang makanan sehari-hari sdh cukup enaklah. Makan dikasi sehari tiga kali. Kadang ada susu, ada es buah, dll. Istirahatku disini juga sudah optimal tapi belum terlalu optimal. Tambahan lagi ni.. (ga penting si), jd, aku ± 5 kali, sudah mengalami sakit disini dari awal masuk sampe akhir kelas X, hebat ga tuh aku itungin 😄(maklum.. kondisi dimana badan lg menyesuaikan dengan lingkungan). Eitsss.. Disini juga kita bisa belajar berteman yang bner bner nihh.. Misal, Jika ada teman yang sakit, aku berusaha untuk peduli (entah mengucapkan GWS, ataupun mengambilkan makan), begitupun sebaliknya, ataupun bila ada yang berduka, akupun mengatakan turut berduka, dsb. Nha, berhubungan dengan relasi di asrama, pasti dah ntar kita dapetin orang yang mungkin buat diri sendiri merasa kurang cocok (maklum itu), tp, selama kita se-atap bersama, apapun kita harus dan bakalan jalani bersama.  Jadi, bisalah tarik kesimpulan nya sendiri 🤣.

Selama aku bersekolah disini, aku mendapatkan banyak pengalaman. Ku mau bagiin nih.. Bukan maksud pamer lh y.. Yaa..  Buanyak pengalaman yang bakalan didapet disini, kyak yg udah aku omongin di awal tadi. Pengalaman sedih, pegalaman pahit, pengalaman manis, maupun pengalaman gembira sudah aku rasakan dan dapatkan disini. Setiap malam aku sudah membiasakan diri tuk berdoa sebelum tidur, bercanda bersama dengan teman, dan juga aku semakin merasakan arti penting dalam hal saling menyapa antar orang yang lebih tua maupun teman sendiri. (whehe..  Gile ga tuh..). Pertama kali, ketika aku harus sapa menyapa di sini, aku berpikir buat apa. Tapi.. ketika semakin kesini, aku mulai menyadari bahwa didalam sapa menyapa itu, mengandung makna merendah terhadap orang lain (bukan berarti kyak ditindas ya), membangun sikap ataupun etika sopan santun dan sikap saling menghargai serta sikap untuk tidak egois (betul tak sobatt? 👏). Sikap ataupun etika Sopan santun, saling menghargai, dan tidak egois saat ini, sangatlah penting dan dibutuhkan (betul tak? 🤔). Dari sebab itu, aku jujur nih bersyukur bisa masuk di Van Lith ini. Gimana dengan kalian?😂

Oooopp..  Mungkin dah dulu y cerita-ceritanya.. 😅 Kl kalian ga paham ama apa yg aku ceritain, ya udah gpp..  😆🤣 Paham pahami aja..  susah memang.. muter sana muter sini .. gpp 😂 

Semoga bisa ambil hikmahnya yakk..  🤭


Tetaplah bekerja dengan keras, dan bermimpi yang lebih besar untuk jadi yang Terbaik!

Salam api Van Lith!. 🔥🔥



Bertemu dengan sebutan-sebutan yang tidak diketahui? Kalo Penasaran bisa lihat di: GLOSARIUM atau masi belum ketemu juga di Glosarium itu? Tanya ae langsung.. Klik Chat warna biru di sisi kanan bawah layar sobat itu yogss

0 Comments

Contact