Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

#1 - KELUAR DARI ZONA NYAMAN, MENGAWALI YANG BARU..

KELUAR DARI ZONA NYAMAN, 

MENGAWALI YANG BARU...

Part 1



Hai gengss..

Senin, 17 Juli 2017. Kala itu, buat pertama kalinya aku menginjakkan kaki pada dinginnya lantai asrama, yak Asrama Putra SMA Van Lith Muntilan. Kalau masalah sekolahnya si aku brarti yang kedua kalinya (yang pertama kali waktu ppdb). Yakk.. Langsungan dah.. Jadi, hari tu adalah masa awalku. Masa pertamaku untuk berpisah dengan orang tua, teman ditempat asal, saudara, kenyamanan duniawi {hp, tv, laptop, dll lhh}dsb.. Begitu dateng, hmm..  Berasa kayak orang asing wehh..  😆. Lihat kanan, lihat kiri pada ga kenal semua.. Kecuali temen yg dari satu SMP (itupun cuma 3 orang, cewek smua pulakk😂). Moment inilah kesempatan untuk berkenalan dengan teman-teman baru yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia ini. Oke, lanjottt..

Eitss, sebelumnya mau kasi tau juga nehh.. Salah satu peraturan pada masaku untuk para siswa baru ialah diwajibkan buat memotong rambut dengan maks panjang 1 cm. Huh..  Waktu itu, bagiku agak berat yah, tapi mau gimana lagi, udah rule dari sekolah..  🤣 


Di hari pertama ini, acara dimulai dengan Misa Pembukaan di Gereja St. Antonius (sebelah sekolah). Waktu itu, kapel sekolah masih belum selesai di renovasi, jadi di Gereja dah misanya. Setelah misa, ada pengenalan para pendamping (sebutan guru disini) satu persatu. Setelah itu, hm..  Ini nih masa dimana harus bner-bner pisah ama ortu selama sebulan full (baca: karantina). Selesai misa, ada yang namanya perpisahan ama ortu, nha, jujur nih ku nangis waktu tu.. Suasananya juga pada bercucuran air mata tuh, lagu selingannya pun bikin haru si..  (lagu Doa Seorang Anak, tau tho? Kl ga, denger dah di YT). Waktu tu, kami diberi waktu ama panitia cuma 5 menit apa ya (lupa aku, pokok e waktunya dikit aj). Nha, setelah waktu abis, kami siswa/i baru disuruh ngikut acara lanjutan yakni OASE (masuk masa karantina), sementara ortu sdh diharuskan untuk pulang.

Nhahh, Selama 1 Minggu, aku melaksanakan OASE. hmm.. Apa itu OASE? yakk, jd OASE itu singkatan dari Orientasi Asrama dan Sekolah, yaaa.. Sejenis dengan Ospek atau MPLS gitu.. Selama masa OASE ini si, lumayan berat dilakoni 😆. Tapi, selama OASE, aku berusaha nih buat menjalaninya dengan ikhlas dan tanpa paksaan (Pasrah mungkin lebih tepatnya). Selama OASE, apa-apa itu diwaktu dan sesuai dengan motto Clean and On Time (sangar tho..). Jadi, harus Clean dan juga On Time. Mau Makan, harus dihabisi dan diwaktu ama panitia; Mau tidur, diwaktu pulakk; Bangun tidur nyanyi duluu 🤣; Mandi juga diwaktu; dll. Jadi, hampir semua kegiatan selama OASE ini ada waktunya dan harus on Time, ga boleh telat. Kalo sampe telat, ya taulah, sanksi itu ada.. haha. Eitss..  Tapiii, jangan salah kaprah dulu yakk.. Dari OASE itu, banyak pelajaran yang bisa diambil n juga diterapin dalam kehidupan lhoo..  (wuzzz). Inilah awal kita memulai masa kemandirian. Hmm..  Menurutku, memang kl mau jadi sukses, ya harus ditempa dulu (whehehe.. Sering denger tu 😂). Buanyak pelajaran dah yang bisa dipetik dari OASE ini. Walau emosi mungkin kerap bahkan hampir sering muncul. 😆 Tinggal tergantung kite nya aja yang njalani.. Yoi ga?. Udah dulu dah cerita OASE nya, lanjottt.

Asrama? Hmm..  Mungkin jadi sebutan yang cukup seram dulu, ya ga? (kl ga ya udh, kan barangkali). So, my oppinion it's not true 😆. Di Van Lith, kl dah kerasan jadinya kepengen disitu muluuu. Swerrr.... Hm.. Saat lihat asramanya dan juga kamar mandinya, tak kusangka sangat jauh berbeda dengan ekpetasiku. Tapi lagi, aku bakalan menjalaninya dengan ikhlas (wkwk banyakan ikhlasnya (so, pasrah mungkin lebih pastinya)😅). Itu sudah menjadi pilihanku secara sadar dan tanpa paksaan. yoww.. Buat lebih mengenal lingkungan asrama dan tentunya teman-teman, aturan SMA ini makanya diwajibin buat njalani karantina. Tau tho apa itu karantina? Itu lho yg itu... Jadi, selama sebulan full, ga boleh keluar dari lingkungan sekolah dan asrama, trus ga boleh berhubungan dengan ortu, dan so pasti orang luar. Waiitt, selain itu juga, asrama tidak memperbolehkan buat pegang yang namanya HP, jangankan pegang, bawa pun tak boleh 😂. Yaaa..  Jadi, selama kelas X (kl kelas XI n XII udah boleh bawa, tapi ttep dibatesi si.. Ga tiap hari), asrama tidak memperbolehkan buat bawa HP sendiri. Sifat peraturan ini pun WAJIB. Kalo melanggar? Ya... siap-siap bakalan nerima hadiah dari bruder pamong. Menarik bukan? hadiahnya adalah surat Segel 😂(hmm.. Segel itu ibarat nyawa di VL y.. Jd kl udah sampe Segel 3, maka eksplorasi selamanya (drop out) 🤭). Ga usah khawatirr, ga pegang hp bukan berarti hidup kita bakalan hampa, serasa mati, atau tanpa kamu, iya kamu.. atau apalah. Awalnya si aku juga sempet pikir gituu (normal lah kl punya pikiran gitu, buat seumuran remaja yang keseharian dirumahnya slalu pegang hp). Wenakk Wes pokok e..

Kipas yg ada di unit nih.. Baru dipasang waktu angkatanku. wkwk

Nha, di dalam masa karantina, aku mengenal secara dalam teman-teman baruku. Karantina disinipun enak menurutku ni, karena terbebas dari kegiatan sore disekolah dan juga tugas-tugasnya sedikit. Jadi, lebih banyak tidur ataupun mainnya. (Wakakakaka)

Sampe sini, paham dengan cerita saya? kl ga ya dipaham pahami ae.. Memang butuh energi extra buat baca tulisan ku ini yang ga penting samsek.. 🤣

Sampe sini dulu dahh..  Lanjutannya di lain post y.. dah kepanjangan 🤣 okee.. Tetep Semangattt!

Salam api Van Lith! 🔥🔥


Nih lanjutannya.. 

KELUAR DARI ZONA NYAMAN, MENJADI RASUL AWAN SEJATI 

Selamat Membaca..😆👏👏


Para ASPI (Asrama Puteri) 27 (2017)

Para ASPA (Asrama Putera) 27 (2017)


Bertemu dengan sebutan-sebutan yang tidak diketahui? Kalo Penasaran bisa lihat di: GLOSARIUM atau masi belum ketemu juga di Glosarium itu? Tanya ae langsung.. Klik Chat warna biru di sisi kanan bawah layar sobat itu yogss


0 Comments

Contact