Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

HAHHH… ± 17 KM JALAN KAKI ?? CUMA DI SINII

HAHHH… ± 17 KM JALAN KAKI ?? CUMA DI SINII


Perjalanan
dok.pan


Sabtu, 27 Oktober 2017, hari dimana menambah coretan dalam daftar sejarah hidupku. Hmm.. Kenapa coba??, yang anak Van Lith, atau yang mengenal SMA Van Lith, pasti udah tau dari judulnya aja. Ya.. Jalan kaki sejauh ± 17 km, yakni dari Sekolah ke Gua Maria Sendangsono. Hahh.. ini sebabnya mengapa aku tadi bilang ‘menambah coretan dalam sejarah hidupku’. Gimana gak.. jalan kaki sejauh itu ga pernah aku lakuin sebelumnya, bahkan mungkin ga akan pernah ada dalam hidupku kalo aku ga sekolah di sini, ya.. dimana lagi selain di SMA Van Lith Muntilan ini. Sumpah sebelum ngelakuin ini, aku sempet ngebayangin, gimana yak, jalan jauh banget gitu, kuat gak ya aku?, dll (whehe.. maklum ga ada pengalaman sama sekali). Ingat! Ini bukan lebay yak.. mungkin kl anak Van Lith yang baca ini, pasti berpikiran nih penulis lebay, atau apalah (wkwkwk). Tapi, disini aku Cuma mau berbagi pengalaman ku pribadi, okay.. Yak, cekidot balik lagi ke intinya. Jalan kaki ± 17 km itu namanya ZTA. Ada yang tau kepanjangannya?? Whehehe, yaaa ZTA itu kepanjangan dari Ziarah Tiga Angkatan. Yuhu.. dari namanya udah bisa ditebaklah ya.. Jadi, jalan sejauh itu, bukan hanya sekedar mau jalan-jalan apalagi pamer yak, so pastinya lebih ketujuan berziarah ke Bunda Maria di Sendangsono (whehe, tujuannya aja ke Gua Maria, masa mau bal-bal an utowo jungkir walikan). 

Suasana di Gua Maria Sendangsono
dok.pan

Sesuai dengan namanya jugak (Ziarah Tiga Angkatan), kegiatan ini dilakoni (diikuti) oleh tiga angkatan (kelas X, XI, n XII). Sifat kegiatan ini pun WAJIB hukumnya di Van Lith ini. Panitia ZTA bakalan mbagi kelompok yang nanti isinya itu ada dari masing-masing angkatan. Jadi, intinya bisa dibilang kl satu kelompok itu ada kelas X, XI, XII. Whahahaha..  Kebayang ga, rasanya sekelompok dengan kakel dan saat itu kita sendiri msh yg paling juniornya.. 😂 Angker? Takut? Khawatir? Gak lah y..  Angker? Emangnya Kakel Hantu? Manusia lah y..  Takut? Emangnya mereka Preman Jalanan?. Khawatir? Emangnya nanti tiba-tiba bakalan inallilahi dadakan?. Smua itu skali lagi nggak lahh y..  Memang kl di rasain si agak gimana gitu sekelompok ama kakel, apalagi temen angkatan yg satu kelompok blm terlalu kenal whehehe.. Hampa rasanya..  Wkwkwkwk. Hmm.. Tapi untunglah saat itu, kelompok itu cuma dipake buat di awal sebelum jalan (buat pemanasan doang) ama di peristirahatan (bagi snack) sblm sampe Sendangsono nantinya. Nha, saat itu, aku masuk dalam kelompok 8, yaa..  Ga terlalu awal jugak ga terlalu akhirlahh.. 

Pemanasan di lapangan hijau
dok.pan

Suasana Pemanasan sebelum capcuyy
dok.pan


Ow ya..  Hari itu pula, pertama kalinya aku harus bangun pagi pagi banget di Van Lith nihh, yakni bangun jam 3. Yakk..  Jam 3 itu sangat pagi menurutku sendiri si..  Jangankan jam 3, hari biasa aja harus bangun set. 5an itu udah sangat mengganggu jam tidurku (maklum biasa kl dirumah juga kl sekolah bangun min jam 6 wkwk) (jangan salah yak, bangun set. 5 itu, karna buat persiapan misa pagi di Gereja jam 5.30) itu aja kadang (sering mungkin) TELAT.. 😅. Yaa..  Jam 3 bangun, mandi, lalu ke refter buat sarapan. Setelah itu jam 4.45 udah Tuger alias Tutup Gerbang (bahasa kami anak asrama). Sebelum berangkat, kita kita (3 angkatan) kumpul dulu ni di lapangan hijau (sebutan familiar buat lapangan yang biasa buat tempat upacara ini). Di lapangan, senam sekaligus pemanasan dilakukan sebelum berangkat jalan jauh ini. Yaaa kurang lebih ½ jam lah senam pemanasannya. Kemudian, ada sedikit pengarahan, bla bla bla. Jam set. 6 akhirnya di berangkatkan kelompok per kelompok, dimulai dari kelompok awal. Selama di perjalanan itu, kelompokku jalan pisah-pisah, jadi aku jalan waktu itu sama temenku lain yakni Diaz n David..  Di perjalanan itu, aku nemu pemandangan yang bagus, udara yang seger, n juga aku ngelewati cagar budaya Candi Ngawen (tinggal reruntuhan si). Hmm..  Coba dah tebak, berapa jam perjalanan dari sekolah ke Sendangsono iniii?. Coba itung yak (kl ga mau itung jg gpp), berangkat jam 5.30, trus ±jam 8.30 ku sampai di jalan tanjakan yang mau menuju ke Sendangsono itu (tau kan? Kl yg pernah ke sono pasti tau maksudku). Eitss..  Blom sampai Gua Maria lho ituu..  Trus dari jam 8.30 aku terusin jalan tanjakan itu, n jam 9 aku sampai di peristirahatan yakni di Gereja St. Maria Lourdes Pulomasan. Di situ, smua pada istirahat istirahat n bagi snack (kumpul jadi satu kelompok lagi, tempat ini yg ku maksud di awal cerita tadi). ±25 menit istirahat, setelah itu lanjot lagi jalan ke Gua Maria Sendangsono nya. Kali ini, jalan yang dilalui lebih nanjak nih..  Tp gak senanjak hidup ini.. Dengan badan yang berkeringat n kaos OR yang saat itu dipakai terbasahi oleh keringat, akhirnya ±jam 10 aku pun sampai di Gua Maria Sendangsono nya. Huhh..  Jadi, total brp jam?? Yaa..  Kira-kira ±4 jam an lah..  (mungkin ga sampe). Woww..  Ternyata bisa juga yakk..  Mungkin memang trasa berat waktu dilakoni. Tapi, ada rasa Seneng skaligus bangga kan?. Jalan ±17 km dengan kaki sendiri tanpa bantuan alat (motor/mobil/dsb). Apalagi ditambah jalan bukan seorang diri, tapi sama temen temen, dimana waktu di jalan, bercerita sana sini ngalor ngidul, jadi ga kerasa udh jalan 4 jam an aja..  Yuhuu..  Lanjottt..  

waktu jalan salib nih
dok.pan
Sesampainya di sono, aku n temen tmen yg lain pada ganti baju di Toilet (tp karna toilet dipenuhi oleh para kaum hawa, maka yang para adam pun berganti di luaran (tp ttp tertutup lah y). Setelah ganti, aku ama yg lainnya istirahat lagi sembari nunggu giliran buat jalan salib. ±jam 11, aku mulai jalan salib (entah itu kelompok ke berapa). Jalan Salib selesai ±30 menit, habis tu ambil makan siang. Makannya pun sederhana. Abis makan, aku n teman teman (ada Albert, Bastian, Vincent, dll) disuruh mbak nya buat segera ke tempat misa (so pasti buat misa lah y). ±Jam 12.45 misa dimulai dan selesai ±jam 13.30. Selesai misa, panitia (waktu itu yang menjadi panitia adalah mas mbak angkatan 25) memberi waktu buat devosi pribadi. Selesai berdevosi, aku n teman teman ambil air Sendangsono, lalu langsung jalan ke luar. Pulangnya ini bukan jalan kaki lagi yak..  Tp kl yg mau jg gpp (biasanya yg kelas 3 bakalan jalan lagi). Pulangnya ini pake angkot. ± 20 menit naik angkot sampai sekolah. Huhh.. Hah..  Gile kan, jalan 4 jam an tp kl naik angkot cuma 20 menitan doang..  😮 Yaaa..  Ini lah kenyataannya. Tapii, pengalaman ini sangat menyenangkan lho sobat Do It..  Jadi serasa mau diulang lagi.. (kelas XI juga ntar ada lagi si, kan ini program taunan). Jadi, jangan slah presepsi dlu yakk..  Ini bukan maksud sekolah buat menyiksa kita atau sbagainya.. Tapi, ini memberi pelajaran yang cukup berarti buat kita. Waittt..  Omong-omong, kl kelas X ini baru sebagian dari perjalanan lhoo..  Kenapa? Karna ntar juga ada yg namanya NAPAK TILAS ROMO VAN LITH..  Wihh..  Apa tuh? Gimana tuh?, so pastinya perjalanan ini akan lebih panjang n ZTA ini blom ada apa-apanya yakk..  Penasaran?? baca dah ntar Pengalaman Napak Tilas..
Perjalanan
dok.pan

Baca : 
dok.pan
So, akhirnya selese dah cerita ZTA ku ini..  Nha, pelajaran apa si yg bisa dipetik? Hmm..  Buanyakk..  Salah satunya mungkin Kesabaran, Ketabahan, dan Semangat Pantang Menyerah. Perjalanan ZTA ini, mengajari untuk tidak mudah menyerah. Bila dibandingin ama kehidupan yang bakalan dijalani di Van Lith ini, maka sangat jauh. Jadi, pengalaman ini bakalan ga didapet selain di Van Lith ini. Perjalanan pendidikan di Van Lith pun nantinya akan penuh diwarnai oleh kesan dan pesan. Jadi, ga gampang yak buat jadi anak asrama apa lagi Van Lith. Butuh yang namanya pengorbanan eaaa...  Jadi, ga usah takut..  Di Van Lith ini, banyak cerita yang bakalan didapet n dikenang selamanyaaa.. So..  Buat kalian yang calon murid van lith, ga usah takut and don't worry.. Yaa.. Mungkin diawal-awal mang susah (homesick lah, kangen hp lah, dll), ku jujur dlu juga gitu.. tp kalo udah kebiasa yaa..  Kerasa asrama jadi rumah sendiri..  😍  Tenang!  Jalani dengan SEPENUH HATI..  eaa.. 
Ingat kata kata 'I CAN DO IT'? Yak..  Aku BISA melakukan itu, Aku BISA melakukan ini, soo.. Kl kita mau usaha pasti ada jalan. Gantilah Can't jadi CAN!! (wuhuu..  🔥)
Sampai jumpa dicerita-ceritaku selanjutnya.. 
Semangat yakk..


"Why Worry?, If you've done the very best you can, than worrying won't make it any better" - Walt Disney
Salam api Van Lith! 🔥 🔥


Pemberangkatan
dok.pan



Pemandangan wapik too
dok.pan






















Perjalanan
dok.pan





















Bertemu dengan sebutan-sebutan yang tidak diketahui? Kalo Penasaran bisa lihat di: GLOSARIUM atau masi belum ketemu juga di Glosarium itu? Tanya ae langsung.. Klik Chat warna biru di sisi kanan bawah layar sobat itu yogss

0 Comments

Contact